Garda Oto ; 5 Langkah Merawat Motor Tanpa Gigi

5 Langkah Merawat Motor Tanpa Gigi

Gardaotoku.com | Pengendara sepeda motor semakin mendominasi jalanan. Bukan hanya di jalan raya saja, keberadaan pengendara sepeda motor bisa kita temui di jalan-jalan terpencil, gang, sampai kompleks perumahan.

Dominasi motor matic kerap mewarnai jalan raya. Selain mudah dikendarai, membawa motor matic lebih simpel dan praktis. Anda tidak perlu menginjak gas dan mengganti gigi untuk mengatur kecepatan.

5 Langkah Merawat Motor Tanpa GigiDengan motor matic semua lebih mudah. Bagi Anda yang hendak dan sudah memiliki motor matic, perlu mengetahui juga cara perawatannya. Sama halnya dengan mobil, merawat motor matic susah-susah gampang.

Meskipun perawatan motor matic tidak jauh berbeda dengan motor pada umumnya, namun ada beberapa bagian yang perlu perlakuan khusus. Merawat motor matic Anda secara benar dan berkala akan berdampak pada usia motor yang lebih panjang serta performa motor yang semakin prima.

Kami akan berikan tips untuk merawat sepeda motor matic.

1. Memanaskan mesin motor

Semua kendaraan yang hendak dipakai wajib hukumnya untuk dipanaskan terlebih dahulu. Demikian pula dengan motor matic.

Sebelum motor akan digunakan sebaiknya Anda memanaskan mesin terlebih dahulu. Biarkan mesin menyala beberapa saat dan diamkan. Anda tidak perlu menekan tombol gas berulang-ulang.

Kebiasaan memanaskan mesin motor sebelum digunakan berfungsi agar oli pelumas mesin melicinkan onderdil dalam mesin secara maksimal tanpa ada beban saat dikendarai.

2. Servis rutin

Merawat motor sama halnya dengan merawat diri sendiri. Perlu diperiksa secara rutin untuk menghindari menumpuknya penyakit.

Agar terhindar dari penyakit dan kerusakan yang tidak terdeteksi, sebaiknya Anda melakukan servis rutin di bengkel langganan.

Anda bisa melakukan servis rutin secara berkala minimal 2 bulan sekali atau saat motor sudah mencapai 2000 km penggunaan.

Servis rutin yang harus dilakukan meliputi cek busi, mengecek tekanan angin ban, kondisi rem motor, membersihkan karburator sampai cek ketegangan V belt. Apabila motor matic Anda diharuskan mengganti spare part sebaiknya beli spare part yang asli. Walau harganya lebih mahal tetapi kualitasnya sudah terjamin.

3. Ganti Oli

Pergantian oli mesin memiliki peranan penting untuk melumasi komponen-komponen mesin. Membuang oli yang telah kotor disinyalir bisa menjaga tingkat kekentalan oli mesin. Sehingga performa motor makin baik.

Anda wajib mengganti oli setiap 2.000 km dan kelipatannya. Anda bisa mengganti oli pada saat servis. Oli yang digunakan juga harus disesuaikan dengan motor matic Anda. Anda bisa menanyakan kepada petugas bengkel langganan jenis oli yang sesuai dan cocok dengan motor matic Anda.

Selain oli mesin, Anda juga harus memerhatikan oli gardan yang berfungsi penting untuk menggerakkan laju kendaraan Anda. Cek kondisi oli mesin dan oli gardan di bengkel langganan.

4. Mengatur kecepatan

Mengendarai motor matic memang memudahkan pengendara untuk membuat kaki lebih santai. Pasalnya, tangan lebih banyak bermain untuk mengendalikan gas dan juga rem.

Agar mesin lebih awet, Anda harus mengendarai motor matic Anda dengan teratur. Pada saat hendak meningkatkan dan menurunkan kecepatan, tekan gas secara perlahan.

Jangan terlalu kencang dan kontan. Cara ini juga ampuh untuk menghemat bahan bakar motor Anda.

5. Membersihkan ruang bakar

Bagian ruang bakar pada motor matic sering kali terlupakan untuk diperiksa.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kerak di ruang bakar, sebaiknya sering mengecek seal, klep, dan segera mengganti piston dan ring piston yang telah aus. Pasalnya, bila komponen itu bermasalah, oli akan merembes ke ruang bakar.

Anda bisa membersihkannya dengan cairan pembersih dan setelah bersih, diamkan sekitar 15 menit. Sedangkan untuk menghindari motor ngadat dan mogok, Anda juga harus membersihkan klep km.

Biasanya di bagian inilah debu dan kotoran kerap menempel.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2014/11/11/095747/2744674/1596/6/5-langkah-merawat-motor-tanpa-gigi#bigpic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *