Garda Oto ; Pesona Wisata Nan Molek Di Kota Gaplek

post-curug-setren-giri-manik

Gardaotoku.com | Kota Gaplek, Itulah salah satu julukan kota Wonogiri. Siapa sangka Wonogiri ternyata punya banyak potensi wisata yang mungkin selama ini tidak banyak yang tahu.

Selama ini yang paling menonjol & sekaligus jadi icon di Wonogiri hanya Waduk Gajah Mungkur yang merupakan hulu sungai Bengawa Solo. Ternyata ada banyak tempat wisata lain yang bisa kita kunjungi di Wonogiri

Sebagian wilayah Wonogiri merupakan rangkaian dari jajaran Gunung Sewu yang membentang dari Pacitan hingga Gunung Kidul. Di Wonogiri kita akan menemukan berbagai jenis wisata mulai dari air terjun, pantai bahkan museum. Jika kebetulan kamu sedang berada di Wonogiri dan ingin mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sana, berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Waduk Gajah Mungkur

post-waduk-gajah-mungkur

Satu tempat wisata yang tak boleh terlewatkan di Wonogiri adalah Waduk Gajah Mungkur. Lokasi tempat wisata ini hanya sekitar 3 km dari pusat kota Wonogiri ke arah selatan sehingga hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sampai ke sana.

Waduk Gajah Mungkur merupakan sebuah waduk serba guna. Selain untuk wisata, waduk ini juga berfungsi untuk irigasi serta pembangkit listrik. Luas waduk ini mencapai 8.800 ha. Di sinilah terdapat hulu sungai Bengawan Solo yang terkenal itu. Ada beberapa spot menarik yang bisa kita gunakan untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitar Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian. Namun, jika ingin menikmati suasana di pinggir waduk, di sana juga terdapat area wisata yang memiliki beberapa wahana seperti perahu yang bisa digunakan untuk berkeliling waduk.

2. Museum Karst Dunia

post-musium-kars-dunia

Sebagian wilayah kabupaten Wonogiri merupakan bagian dari Gunung Sewu yang membentang dari Jawa Timur hingga Jogja. Gunung Sewu sendiri merupakan barisan pegunungan karst yang sangat panjang yang baru saja ditetapkan sebagai Global Geopark.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang karts atau batuan kapur, kita bisa berkunjung ke Museum Karst Dunia yang berada di kecamatan Pracimantoro. Tepatnya di desa Gebangharjo. Di sana kita bisa melihat contoh-contoh batuan karst serta bisa belajar melalui film dokumenter serta diorama yang ada. Kecamatan Pracimantoro sendiri merupakan salah satu pusat penelitian kawasan karst oleh ahli geologi. Daerah ini memiliki struktur tanah yang dipenuhi oleh karts.

3. Bukit Gantole

post-bukit-gantole

Tidak terlalu jauh dari waduk Gajah Mungkur kita akan menemukan sebuah tempat yang sangat asik untuk menikmati senja di Wonogiri. Warga setempat sering menyebut tempat ini dengan nama Bukit Gantole. Dari sini, kita bisa menikmati keindahan Waduk Gajah Mungkur dari sisi yang lain.

Jangan sampai salah. Sebaiknya datang ke tempat ini saat hari sore menjelang senja. Jika cuaca sedang cerah, pemandangannya benar-benar keren. Barisan bukit-bukit yang merupakan rangkaian dari Gunung Sewu dengan latar belakang sunset adalah kombinasi yang benar-benar hebat untuk dinikmati.

 

4. Pantai Nampu

post-pantai-nampu

Wonogiri juga punya pantai. Salah satunya adalah Pantai Nampu. Wilayah timur kabupaten Wonogiri yang berbatasan dengan Pacitan turut membawa berkah.

Pantai Nampu merupakan pantai berpasir kecoklatan yang indah. Pantai ini merupakan salah satu deretan Pantai Selatan di Pulau Jawa yang terkenal memiliki ombak yang ganas. Pantai Nampu berada di kecamatan Paranggupito. Tepatnya desa Gunturharjo. Dari pusat kota Wonogiri, butuh waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke pantai ini. Memang cukup jauh, tapi pantainya indah banget.

5. Pantai Sembukan

post-pantai-sembukan

Selain Pantai Nampu, ada lagi pantai di Wonogiri yang juga memiliki pesona menawan. Namanya adalah Pantai Sembukan. Pantai ini masih berada satu kecamatan dengan Pantai Nampu yakni Paranggupito. Tepatnya di sebelah selatan kecamatan Paranggupito.

Suasana di pantai Sembukan relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan Nampu. Pantai ini punya cerita mitos. Konon, Pantai Sembukan merupakan salah satu gerbang menuju istananya Ratu Pantai Selatan. Suasana mistis itu akan kian terasa tiap malam satu suro karna di pantai ini akan diadakan upacara Labuhan Ageng.

6. Goa Putri Kencono

post-gua-putri-kencono

Tidak hanya Pacitan dan Gunung Kidul saja yang punya goa karts dengan pemandangan stalaktit yang menawan. Wonogiri juga punya. Goa Putri Kencono merupakan sebuah goa di Wonogiri yang memiliki pemandangan stalaktit yang menawan.

Goa ini berada di desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro. Sekitar 40 km dari pusat kota Wonogiri. Jika kamu termasuk penggemar caving, Goa Putri Kencono ini sangat layak untuk dijadikan tujuan caving berikutnya.

7. Air Terjun Setren

post-curug-setren-giri-manik

Sekitar 3o km ke arah timur Wonogiri. Tepatnya di desa Setren, kecamatan Slogohimo kamu akan menemukan wisata air terjun yang indah menawan. Tidak cuma satu, kamu akan mendapatkan tiga buah air terjun sekaligus di tempat ini. Keren kan?

Tiga air terjun yang berada di kawasan wisata desa Setren ini yakni air terjun Manik Moyo, air terjun Tinjo Moyo, serta air terjun Condromoyo. Ketiga air terjun tersebut memiliki ketinggian yang bervariasi. Di dekat Air Terjun Manik Moyo terdapat sebuah tempat sakral yang diberi nama Batu Besi. Tempat ini dipercaya sebagai petilasan Raden Mas Said. Hawa sejuk akan langsung terasa ketika sampai di kawasan wisata yang satu ini sehingga sangat pas untuk melepas penat.

8. Objek Wisata Khayangan

post-khayangan

Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Wonogiri adalah Objek Wisata Khayangan. Meski namanya adalah Khayangan namun di tempat ini kita akan menemukan gumpalan awan seperti yang biasa kita lihat di puncak gunung.

Khayangan merupakan sebuah tempat wisata spiritual. Tempat ini dipercaya sebagai petilasan raja-raja di Pulau Jawa. Di tempat inilah Sutawijaya mendapatkan wahyu hingga dirinya akhirnya mendapat gelar Panembahan Senopati. Terlepas dari suasananya yang memang agak mistis, tempat ini memiliki suasana alam yang cukup menenangkan. Kawasan ini memiliki enam bagian yakni Sela Betek, Sela Gapit/Penangkep, Sela Payung, Sela Gilang/Pesalatan, Sela Gawok dan Pemandian Khayangan. Lokasi tempat wisata ini berada di desa Dlepih, kecamatan Tirtomoyo.

Sumber : http://www.yukpiknik.com/destinasi/wisata-wonogiri/

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *