Garda Oto ; 5 Tips Mengatasi Telinga Berdengung Saat Naik Kendaraan

post-image-tips-mengatasi-telinga-berdengung

Gardaotoku.com | Pernahkah telinga Anda terasa budeg atau berdengung saat naik kendaraan? Gangguan telinga berdengung atau terasa budeg sebelah memang sering terjadi ketika Anda sedang naik kendaraan dalam waktu yang cukup lama. Keadaan seperti ini memang sering terjadi akibat adanya perubahan tekanan udara pada telinga bagian tengah. Telinga berdengung saat berkendara juga sering dialami oleh mereka ketika sedang naik pesawat atau pada saat berkendara di daerah pegunungan yang memiliki jalan tanjakan yang cukup tinggi. Keadaan seperti telinga berdengung biasanya akan terasa lebih parah ketika Anda sedang mengalami gangguan flu, hidung tersumbat, infeksi sinus ataupun adanya alergi yang berhubungan langsung dengan pendengaran Anda.

post-image-tips-mengatasi-telinga-berdengungSebenarnya hampir setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini, bahkan dalam beberapa waktu ke depan telinga akan terasa sedikit terganggu baik itu untuk salah satu telinga atau bahkan keduanya. Keadaan seperti terjadinya telinga berdengung hebat justru akan sangat terasa ketika Anda melakukan perjalanan yang cukup memakan waktu lama dengan menggunakan pesawat terbang. Beberapa masalah yang sering mereka hadapi misalnya seperti: terasa nyeri pada bagian telinga, pusing, telinga berdengung, telinga terasa tersumbat dan lainnya.

Untuk mengatasi telinga berdengung saat naik pesawat atau kendaraan lainnya bisa Anda lakukan dengan beberapa aktivitas dan kegiatan untuk menghindari terjadinya telinga berdengung saat naik kendaraan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi telinga berdengung saat berkendara:

  1. Makan Permen

Mengisap atau mengulum permen bisa Anda lakukan untuk mengurangi telinga berdengung ketika sedang berkendara. Aktivitas mengisap permen ini juga sering sekali dilakukan oleh beberapa orang ketika naik pesawat.

  1. Atur Nafas

Ketika Anda sedang berkendara dalam waktu yang lama atau pada saat sedang naik pesawat, cara mengatasi telinga berdengung dengan sederhana ini cukup ampuh Anda lakukan. Cobalah untuk mengambil nafas sedalam-dalamnya lalu hembuskan secara perlahan. Aktifitas ini akan membantu Anda mengurangi rasa budeg atau telinga berdengung saat naik kendaraan dalam waktu yang lama.

  1. Menelan Ludah

Pada saat pergi ke daerah pegunungan menggunakan kendaraan motor atau mobil pasti Anda sering sekali mengalami keadaan seperti telinga berdengung atau telinga berdengung saat naik kendaraan. Ya, keadaan seperti ini memang sering sekali terjadi pada Anda. Untuk mengatasi telinga berdengung saat berkendara ke daerah pegunungan Anda bisa melakukan cara sederhana untuk mengurangi rasa tersebut misalnya dengan menelan ludah, cara mengatasi telinga berdengung saat naik kendaraan ini cukup ampuh untuk mengurangi telinga budeg atau tersumbat yang sering Anda rasakan ketika bepergian ke darah pegunungan.

  1. Menguap

Cara mencegah telinga berdengung saat naik kendaraan lainnya juga bisa Anda lakukan dengan cara menguap. Cara menguap ini juga hampir sama ketika Anda melakukan mengunyah atau menelan ludah. Cara simple ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada telinga ketika sedang berkendara.

  1. Meniup Udara Ke Tangan dan Memasukkannya Ke Telinga

Cara seperti ini memang sering sekali dilakukan ketika telinga sedang berdengung atau budeg sebelah. Cara mengurangi telinga berdengung saat berkendara juga bisa Anda lakukan dengan meniup udara ke tangan dan memasukkannya ke dalam telinga.

Ketika Anda sedang berkendara dalam waktu yang cukup lama, tentu keadaan seperti telinga berdengung, telinga tersumbat atau terasa budeg memang sering sekali terjadi. Namun untuk mengatasinya Anda dapat melakukan beberapa cara di atas untuk mengurasi rasa yang kurang nyaman pada area telinga ketika Anda sedang berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *